...

Jul 19, 2009

Pengalaman Pertama di Dunia Online

kotes blog detik.comHallow sobat blogger sekalian, sudah pada tahu kan? So pasti sering denger lagu Saykoji-Online berikut ini kan :
"siang malam ku selalu menatap layar terpaku, untuk online online, online online. tidur telat bangun pagi pagi, nyalain komputer online lagi, bukan mau ngetik kerjaan. email tugas diserahkan tapi malah buka facebook, padahal face masih ngantuk. beler kaya orang mabuk, pala naik turun ngangguk ngangguk..." (Saykoji-Online)
Ops.. sengaja Eros potong. Nanti malah keasyikan nyanyi, kalau mau melanjutkan nyanyi silahkan Googling liriknya, sebarek kok. Kenapa Eros ambil cuplikan sedikit lagu tersebut *lo kok malah tanya sih Ros?* Yap karena seolah lagu tersebut menggambarkan diri Eros sendiri. Hari-hari selalu dan harus online, kecanduan. Jangankan sehari tidak online, se-jam saja rasanya galau sangat, pinginnya online terus.

Dunia online, dunia maya, dunia internet atau apalah sobat-sobat blogger sekalian menyebutnya. Merupakan dunia yang tidak bisa dilepas dari hidup kita bukan? Apalagi Eros yang sehari-hari dihabiskan untuk online. Baik untuk blogging, bisnis online, chatting dan aktifitas online lainnya. Lantas seperti apa sih pengalaman pertama Eros mulai mengenal dunia maya ini? Sudahan dulu kontes Rusli Zainal sang Visioner, mau curhat untuk ulang tahun ke-11 detikcom nie.

Berikut adalah pengalaman-pengalaman pertama Eros :

1. Pengalaman pertama kenal internet : Si cupu sok ingin tahu

Jaman duluuu kala *berasa mau baca dongeng ya?* tahun 2002 pas saya masih kelas 2 di sebuah SMA di lereng Gunung Arjuno. Jangankan paham apa itu internet, bisa ngetik pakai Microsoft Word saja seneng dan bangganya bukan main. Eros kenal internet bukan dari sekolah.

Ceritanya begini, sejak SMP saya senang sekali dengan ekstra komputer, mekipun baru WordStar, Lotus, DB III+ *hayoo pada kenal dengan program tersebut engga?* serta software-software jadul lainnya. Ketika SMA, lupa cari apa ke pasar. Yang jelas pulangnya lewat sebuah tempat bertuliskan 'Warnet' sangat asing ditelinga karena umumnya adalah Wartel.

'Warung Internet' perpanjangan dari kata tersebut. Rasa penasaran pun tiba-tiba membeludak penuh tanya. Seperti apa sih internet itu? bagaimana sih internet itu? dan setumpuk pertanyaan penuh penasaran lainnya.

Karena jarak dari sekolah ke warnet yang lumayan jauh sekitar 10 km, rasa penasaran pun baru bisa terobati seminggu kemudian. Seorang diri saya masuk warnet berlagak sudah mahir langsung masuk bilik sambil menahan tekat.

Nyalakan komputer, klik kanan kiri, browsing sana sini. Wahh ternyata internet bener-bener mengasikkan, segala informasi bisa didapat disana. Penyampaiannya yang unik dan desain cantik jadi betah. Langsung ketagihan ke warnet untuk minggu-minggu berikutnya. Jarak yang jauh pun tak jadi soal asal bisa internetan.

2. Setelah cupu belajar jadi master

rusli zainal sang visioner-poto pelatnetPelatihan internet & blog untuk guru Smastra serta launching Web Sekolah karya Eros
Dulu Eros jadi murid sekarang jadi pelatih untuk guru lo hehe. Foto by : Eros

Dengan berbekal kemampuan internet seadanya tanpa latar belakang pendidikan internet dan IT saya mencoba untuk bisa. Cupu-cupu begini pernah jadi asisten pelatih internet untuk siswa-siswi SMA Sejahtera Prigen. Termasuk jadi ass dalam pelatihan internet dan blog untuk dewan guru SMA tersebut. Syukur alhamdulillah saya berhasil membangun web sekolah SMA Sejahtera Prigen sebagai kenang-kenangan.

3. Pengalaman pertama kenal game online : persahabatan dan pertarungan

Waktu pun terus berjalan hingga akhirnya saya lulus SMA tahun 2004 silam. Kerja jadi kasir toko oleh-oleh mematikan dunia online yang dulu saya cintai. Jangan kan online internet, komputer pun tidak ada. Kalau pun ada bukan bagian saya. Duh sungguh menderita kerja dibidang yang jauh dari minta dan bakat.

Tanpa terasa 2 tahun sudah jadi kasir dan berhenti kerja karena sakit keras. Setelah sembuh ada tawaran kerja di internet center, asyiikkk bisa "online-online, online-online" *sambil nyanyi lagu Saykoji lagi xixixi *tabok Eros* Masalahnya, internet center gabung jadi satu dengan game online center, duh apalagi ini?

Tetap berpegang teguh "kalau mereka bisa, sayapun harus bisa !" saya pun menerima tawaran tersebut. Instalasi komputer, instalasi internet dan game selesai sudah, kerjapun dimulai. Kalau internet sudah biasa tapi yang game online? Waaaah ternyata tidak sulit seperti yang saya bayangkan. Maen game online sekelas Ayodance pun siap lahap, berbagai game online pun saya coba.

Inti dari semua game adalah sama. Persahabatan, dimana kita bisa menjalin persahabatan dan kerjasama dengan pemain lainnya di seluruh nusantara maupun luar negeri. Saling menolong dan membantu. Pertarungan, dimana kita akan bersaing baik sendiri maupun kelompok 'clan/gulid' memperjuangkan tahta dan harga diri. Kereeen..

4. Blogging dan bisnis online : demi sesuap nasi, sebendel tiket naik haji, dan sekarung permata, yummii..

Selain online, yang tidak kalah penting adalah hobi baca. Hampir tiap hari saya sempatkan diri mampir ke perpustakaan umum daerah. Baca sana-sini termasuk baca koran harian dan terpana pada berita liputan sahabat-sahabat sebuah komunitas blogger di Surabaya. Saya pun tertarik bikin blog. Waaa ini dia dunia yang pas *menurut saya lo*.

Dengan blog bisa curhat sepuasnya, dan berbagi. Bisa untuk promosi usaha dan tentunya bisa cari uang sebanyak-banyaknya dengan bisnis online *kereeen*. Dari sekedar curhat dan berbagi, blogwalking, termasuk ikutan kontes Rusli Zainal sang Visioner. Saya pun tertarik dengan pengalaman temen-temen yang sukses berbisnis online. Otomatis *halah otomatis* saya yang maruk ini ikut-ikutan bisnis online.

Rasa takut gagal dan tertipu adalah satu hal yang bisa dalam berbisnis online. "jangan takut gagal sebelum mencoba" sebuah kalimat yang saya jadikan patokan untuk memberanikan diri berbisnis online. Sungguh berasa di awan, tidak percaya saat pertama kali dapat 'gaji' dolar. Sungguh peluang emas demi masa depan. Akhirnya, sambil ber-blogging-ria saya nyambi bisnis online.

Oia bagaimana dengan pengalaman pertama sobat-sobat blogger di dunia online? Jangan disimpen dihati malah jadi tumor entar hehe. Dibagi yuk, ceritain dalam kontes ulang tahun ke-11 detikcom (klik banner diatas untuk gabung). Hobi dapat, persahabatan iya, pundi-pundi pun tetep mengalir, kurang apa coba? So tunggu apalagi ayo online, ayo blogging, ayoo bisnis online sekarang juga! Kalau saya yang tidak paham intenet saja bisa, kalian juga pasti bisa.. action.. action.. action..

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Comments :

32 Komentar to “Pengalaman Pertama di Dunia Online”

Smoga menang ya b0z di ultahnya detikcom. . . .

Pengalamannya hampir sama tuh. . He he cuma kalo bisnis online, blum nyentuh xi xi xi. .

Sukses b0z. . .

Blog Anak IT said...
on 

pengalaman pertama biasanya ndak jauh dari situs bokepppp

det said...
on 

weweeeeeee... aku kenal internet malah pas lulus SMA :))seemenjak jadi OP ... la dlu pas jaman ne sma di sekul ngak dia ajarin iNternet cman diajarin word,excel,powerpoint, itu pun jarang ikuttt ... *Suka bolos pas pelajaran TI ha ha ha ha ..............

olip said...
on 

lha malam pertama di dunia online nya gimana mas... hihihihihihihihi

RanggaGoBloG said...
on 

@ rusa bawean : sama donk *toss* hayooo pas pertama browsing cari apa mas xixixi
@ blog anak it : hayuk mas, mulai belajar, mencoba dan sukses ikutan bisnis online. entar kalao sudah berasa pasti ketagihan kok hehe
@ subagya : pengalaman gada yang istimewa, tapi ilmu mas Subagya ruaarr biasa *ngiri*
@ det : kalao saya malah nge-mail, browsing meski nyenggol kesana ce *dikit* xixixi

aR_eRos said...
on 

@ olip : wah hebat euy baru kenal internet pas jadi op. tapi kok bisa jadi op ya, bosnya engga salah pilih karyawan tuh xixixi
@ rangga : waduh sudah lupa bagaimana pengalaman malam pertama di dunia online, kek nya sama saja pas online di siang hari *lo?*
@ pencerah : wedew tahu saja mas nie kalao ikutan kontes
@ badoer : emang internet bisa di pegang ya mas, halus engga hehehe
@ cebong : hahahaha jadi ingat jaman jadul silam wkwkwk

aR_eRos said...
on 

ama dengan boss.... kenal dunia internet tahun 2001 buat blog pertama blog personal masih bingung sampai sekarang masih taraf belajar untuk bisnis internet marketing.... belajar ama aja boleh kan

bolosompil bisnis online said...
on 

OL menurut gue asik banget, selain menambah pengetahuan, kita bisa juga menuangkan semua pikiran kita lewat Blog kita ini...
Buat yang hobi cari Dollar, bisa juga lewat dunia "online..online" :D

Zippy said...
on 

@ bolosompil : dengan senang hati mas. saya tentu akan membantu semampu dan sebisa yang saya tahu. sama-sama belajar mas
@ choanz : *toss
@ zippy : iya mas, pokoknya di dunia online bisa ngapain saja dengan siapa saja =))

aR_eRos said...
on 

Mas! Ingateros.com kenapa itu!! Di deface?? Terus gimana mas?? haduh parah banget itu kalau beneran di deface, dasar hacker kurang ajar... :(

Penguin Kribo said...
on 

Diapakan blognya kok pake diredirect segala? emang domainnya mau diapain bro?

albri said...
on 

Diapakan blognya kok pake diredirect segala? emang domainnya mau diapain bro?

Xiao Mei said...
on 

Domainmu kenapa Mas Eros.............kok munculnya gambar orang sangar banget trus kok dia tau directnya ke alamat ini apa sebenarnya yang terjadi???

Kuliah Gratis said...
on 

@ penguin kribo : bukan mas bukan di deface kok. cuman terjadi sedikit kerusakan pada setting DNS/CNAME
@ albri : bukan diapa-apain kok mas. cuman terjadi kesalahan set DNS.
@ kuliah gratis : tenang pak dosen tidak apa-apa kok cuman di DijaminMurah.com dibatasi 4 DNS saja. jadi tidak bisa di host di DNSPark.net yang mengharuskan 5DNS. duh padahal mau bikin unlimited subdomain, gagal de.

aR_eRos said...
on 

hahahahahhahahhahahhahhahaha dasar raja Blog


coba2 kok malah kejeblog hahahahahhahahhahhaha

Kuliah Gratis said...
on 

kalo saya dulu kenal internet pertama kali lewat hape.. terus mulai ngenet dari kelas 2 SMP, wah.. jadi ketagihan ampe sekarang

andi said...
on 

@ kuliah : sttt jangan keras-keras entar ketahuan yang lain wekeke
@ andi : wah kita sama sama ketagihan ngenet ya *toss*

aR_eRos said...
on 

@ fauzan : pelajari SEO dan rajin silaturahmi dengan blogwalking ke blog lain ma

aR_eRos said...
on 

Pengalaman aku?? serombongan ma tmn2 ke warnet n ribut sendiri, wkekekkeke...

Wahh..kaya gitu mah bisa2 ireng_ajah jadi WANTED !!

Terimakasih info soal pak Ruslinya. Sapa tau nti aku berminat buat posting.

Btw, maaf sobat, aku lupa tapi sekarang dah aku FOLLOW semua kok.

Bersemangatt.. :-)

ireng_ajah said...
on 

wakh pengalamannya kok bisa sama yah.....selamat dan sukses terus ya

harry seenthing said...
on 

@ ireng ajah : gyahahaha ada-ada saja nie, sekalian engga rombongan sekampung wkwkkwkw
@ suwung : hennah diajarin apa pak, lawong sudah bisa internetan gitu kok
@ pencerah : insyallah mas
@ kucrit : halah hebat apane, ngece
@ harry : hahaha *toss

aR_eRos said...
on 

pengalaman pertama, asl plis di ym, hiii....

EROS, electronik rose? emangnya email hiiii

mocca_chi said...
on 

tak kirain 'pengalaman pertama' dengan 'maya' itu apaan bro.. kalo itu sih sama saja, saya juga baru pertama dan coba-coba nih.

My Link is Educated said...
on 

Post a Comment