...

Nov 7, 2008

Akhirnya BBM Turun Harga

Fiuh... Akhirnya, setelah melewati perhitungan dan analisis yang panjang, pemerintah akhirnya menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM). Penurunan harga hanya berlaku bagi BBM premium. Sedangkan BBM bersubsidi lainnya seperti solar tidak mengalami perubahan harga. Hal itu diperkuat dengan pernyataan dari budhe sayah *ngaku-ngaku* Menteri Keuangan ibu Sri Mulyani di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin.

Penurunannya harga Rp 500 per liter yang tadinya dari Rp. 6. 000 rupiah per liter menjadi Rp 5.500 rupiah per liter berlaku mulai 1 Desember 2008. Harga tersebut merupakan harga termurah di asia. Bahkan masih lebih murah bila dibandingkan negara tetangga, Malaysia yang menurunkan harga BBM empat kali lipat. Penurunan ini sebagai akibat dari anjloknya harga minyak dunia akhir-akhir ini yang terus turun hingga di bawah US$ 65. Dan juga untuk menyikapi aspirasi masyarakat.

Budhe juga menjelaskan bahwa pemerintah telah mengevaluasi masukan dari berbagai pihak serta melihat kondisi APBN 2008 dan 2009 sebelum menetapkan kebijakan tersebut. “Pergerakan harga premium secara bulanan akan bisa merefleksikan nilai atau harga BBM itu namun tetap dapat didanai oleh APBN, terutama APBN 2009,” ujar budhe Sri Mulyani yang didampingi oleh paman sayah *ngaku lagi* Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro .Hal-hal yang berkaitan dengan alokasi subsidi BBM terutama penggunaan APBN 2009 akan dikonsultasikan lebih lanjut dengan DPR terutama dampaknya terhadap APBN 2009, yang diharapkan bersikap netral.

Pertanyaan sayah, dengan penurunan (hanya) Rp 500 itu akankah berdampak kepada yang lainnya seperti harga sembako, transportasi, dll. Sebagaimana pengaruh yang hebat bila BBM mengalami kenaikan harga. Dengan harapan semoga harga-harga sembako, dan sebagainya juga ikut turun, amin. Jangan hanya ketika naiknya saja masyarakat langsung merasakannnya tetapi dengan turunnya BBM juga masyarakat harus ikut merasakannya. Supaya niat baik dari pemerintah itu dengan menurunkan harga BBM tidak percuma, gitu kan?


Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Comments :

21 Komentar to “Akhirnya BBM Turun Harga”

ALHAMDULILAH....

meskipun turun 500 ndak apa apa lah...

lumayan tambah dikit isi bensin ku....

hehehe....

mie2nk said...
on 

@mie2nk: iya mayan deh meski cuman 500, kalo beli 100 liter itu atinya hemat 50rebu kan?

aR_eRos said...
on 

apalah artinya uang lima ratus.. eh tapi satu trilyun tanpa uang lima ratus ga bisa bunyi satu trilyun loh.. bener ga? beruntung lah udah turun lima ratus perak....... daripada ga turun sama sekali.... hihi... eh tapi ngumung2 penjual bensin di jalan ntik turun gak ya harganya

Anang said...
on 

Pas Desmber Saya Pulang, BBM Turun .. Mbambung Terus Poko'e ..

masDan said...
on 

Alhamdulillah, akhirnya uang yang bisa ditabung makin banyak...hehehe

si Busby said...
on 

@anang: 500 memang kecil, tapi kalo beli BBM 100x hemat 50rebu, jadi gede kan?penjual bensin eceran yang ndak nurunin harga cari mati tu hehe.
@masDan: gyaa hobi kok mambung :)
@si busby: makin cepet kaya donk.
@seno: amiiin,tapi melihat perkembangan jaman *huyuh* kayae ndak mungkin, penurunan harga ndak akan bertahan lama.

aR_eRos said...
on 

suda untung lah..meskipun cuma turun 500..dari pada g samah skali..

..DuduuuT said...
on 

@duduuut: sayah berharap, ditambahin satu nol lagi, jadi turun 5000 hihi

aR_eRos said...
on 

tak enteni nganti mudun 5000 wekekkeke kurang kerasa kalo 500

Cebong Ipiet said...
on 

blum turun, masih satu 1 desember.. bisa jadi tengah2 ngak jadi diturunin :D

aRuL said...
on 

Syukur dech klo semua bisa pada turun. Soale kasihan rakyat kecil...

deja-vu said...
on 

@rezki : moga aza smua bisa turun, ato malah gratis hehe
@aRul: wah cari mati tu mereka, kalo sampe gak jadi turun. pengen digebuki rame2 ta hahaha
@hellgalicious: yup bener banget, permulaan yang bagus. moga aja 2009 turun lgi hihi.
@frendli: gag di turunin cari mati?
@dejavu: yup bener banget mas, maksih kunjungannya

aR_eRos said...
on 

secara ekonomis, sangat berpengaruh pada fluktuasi pasar dan APBN sih.
tapi secara politis (wew!), pak presiden lagi punya uang ew....

denologis said...
on 

bbm turun dari tangki petamuna ke pom bensin tapi ke rakyat engga pernah turun selalu nai

devianty said...
on 

@denologis: kalau secara agamis berpengaruh ndak ya. o iya zakat pertamina makin bertambah :))
@devianty: hahaha bisa aza Devian nie

aR_eRos said...
on 

wong harga minyak dunia turun kok, smoga aja gak sekedar alasan politis..

Nyante Aza Lae said...
on 

Post a Comment