...

Nov 14, 2009

Tips SEO: Cara Keluar Dari SandBox

SandBox (kotak pasir) apaan sih Ros?? Bagi webmaster atau blogmaster yang belajar maupun jago-jago SEO pasti tidak asing dengan kata tersebut. Ya, SandBox adalah istilah beken yang digunakan untuk penjara Google. Biasanya web/blog baru akan masuk kesana terlebih dahulu sebelum akhirnya di indeks sama mbah-mbah pujaan netter ini.

Kenapa bisa masuk penajara Google akan SandBox ?

Dimana bila sebuah web atau blog dijebloskan ke penjara Google maka web/blog tersebut akan kalah saingan atau bahkan tidak terindeks sama sekali di mesin pencari Google. Otomatis traffik ajlok drastis. Banyak penyebab kenapa web/blog kita masuk sandbox.

Salah satunya penyebabnya adalah web/blogmaster yang melakukan posting tulisan dengan judul sama. Atau melakukan satu posting dengan kata dan kalimat yang diulang-ulang. Sehingga Google menganggapnya sebagai postingan spam (sampah).

Pengalaman menyakitkan masuk penjara

Tidak sekali dua kali Blog Belajar Bisnis Online, ingatEros.com ini masuk penajra Google. Terutama saat mengikuti kontes SEO. Maksud hati ingin lebih kuat di SERP (search engine results page) Google dengan melakukan posting judul menggunakan kata kunci kontes berulang-ulang malah di jeblosin penjara, doh.

Terutama kemarin 13 November 2009 sangat terasa menyakitkan. Sebelumnya 11 November saya posting tentang Samsung Corby, Harga, Spesifikasi dan Jenisnya, semenit kemudian langsung terindeks, pengunjung meningkat dratis 50-80% dari biasanya.

trafik dan pageview meningkat 30-80% gara-gara si Corby

Baru 2 hari bisa tersenyum lantaran pengunjung meningkat, dalah seolah di cekik hidup-hidup sama Google. Traffik pengunjung langsung mati lantaran di jebloskan ke penjara. Tak cek dengan kata Samsung Corby, Harga Samsung Corby, Samsung Corby Qwerty, dan sejenisnya tidak lagi menemui blog saya disana hiks, Google kejaaamm !!!

trafik lumpuh sampai 95%-an masuk penjara Google

Tips agar keluar dari Google SandBox :
  1. Diam, menunggu dan pasrah (sangat tidak saya sarankan) : Ibarat bersalah dan masuk penjara kepolisian, apakah kita hanya pasrah terima kurungan? tanpa minta keringanan, penangguhan dan sebagainya? Jadi jangan hanya diam, berbuatlah !! action action !!
  2. Tetap posting baru. Meski masuk penjara tetaplah posting, usai posting segera ping blog agar segera diindeks Google. Posting baru terindeks berharap semua terindeks lagi. Saya biasa memakai jasa ping-o-matic dan pingoat untuk masalah ngepang-ngeping ini.
  3. Segera bangun inlink alias link masuk ke blog. Dengan cara ini ini otomatis GoogleBot alias robot pengindeks yang datang ke suatu blog yang terdapat link kita akan otomatis merayap dan mengindeks ke blog kita. Membangun link bisa dengan tukeran link, beli link atau komentar di blog-blog dofollow, tapi ingat, jangan nyepam ya hehehe.
  4. Hubungi langsung Google untuk meninjau ulang blog melalui Google Webmaster. Yang sudah mengetahui cara nya bisa langsung dicoba. Yang belum mengetahui harap bersabar. Insyallah saya posting pada tulisan berikutnya. Capee nie ngetik seabrek *ngeles hehe.
Mungkin cuma 4 cara itu yang bisa saya bagi untuk bisa terbebas dari hukuman si mbah. Jika ada kesalahan mohon koreksinya. Kepada sobat-sobat blogger yang memiliki tips tambahan bisa berbagi bersama di kolom komentar eyaa. Kepada pejuang-pejuang kontes SEO selamat bertarung hingga titik darah penghabisan :d

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Comments :

21 Komentar to “Tips SEO: Cara Keluar Dari SandBox”

wah padahal kata kunci samsung corby uda 'tak booking tuh.. haha.. tipsnya bagus nih buat referensi..

Blogger Ceria said...
on 

@ tourist : sama-sama mas semoga bermanfaat
@ bloggerceria aka BCC : hahaha saya ikutan booking kebagian dikit gapapa de xixixi

aR_eRos said...
on 

wakh keren kang...mantab, oh iya aku mau nanya nih...apakah payingpost ngebayar kang?

JR said...
on 

tambahan tips bagus ya : cara keluar dari sandbox adalah sholat dan bersabar. hehe

hamka said...
on 

@ nanlimo : yup masuk penjara mesti tetep semangat ni, merdekaa *halah
@ blogger nekad : sipp deh bos komennya hehe
@ deteksi : dilanjtkan kemana ya? :d
@ JR : saya sudah tembus earning sampai $165an tapi belom dibayar nie hiks
@ hamka : tak tambahin lagi kalao gtu : berdoa
@ kerajinan : waduhh banyak judul yang mengandung kata-kata sama tuh
@ riff dan piyen: wooo kelihatan kalao ga baca kih doh, lawong sudah tak jelasin unu :((

aR_eRos said...
on 

hmm...ya..ya
wah penggunaan keyword yang sama seperti diriQu nih
hehehe

belajar blog said...
on 

jadi intinya kita ga boleh keluar dari aturan keyword setiap yang ada diposting...
gitu yah, agak sotoy saya nih 8-}

Action Figure Toy said...
on 

baru tahu sandbox hehehehehhe... tahunya saya lunchbox ... btw nice inpo two thumb

subagya said...
on 

mampir... makasih atas ilmunya ya bro', hmmm jd tahu ni kenapa blog sy ga terindeks digoogle wkt kontes SEO

falubna said...
on 

Tanya nih... Gimana cara ngecek kita masuk sandbox ato ga? Sepertinya 2 blog aq d sandbox deh.

AiWY said...
on 

Akhirx ngerti jga tntang sandbox box ini....mksh bnyk infox...:D

iy....gmn carax ngecek kita masuk sandbox atw tdk?

Siddiq basid said...
on 

mas blog saya nih lagi kena nih sandbox belum bisa keluar juga dari sand box ada cara jitunya tidak konfirmasi ke blog saya yah terim kasih sebelumnya

trik-tipsblog said...
on 

Post a Comment