...

May 23, 2009

Belajar Mencari Uang di Internet (3-Habis) dengan Atau Tanpa Blog

Kok berasa sinetron ya pakai acara bersambung segala hehehe. Setelah belajar mencari uang dari internet bagian 1 (tanpa blog) dan bagian ke 2 (dengan blog) kini sampai pada episode terakhir. Sebenarnya tidak ada episode terakhir atau tidak ada batas untuk belajar apalagi belajar mencari uang. Tapi 'habis' yang saya maksud disini adalah cara-cara mencari uang dari internet itu sendiri (versi saya).

Kenapa dalam judul saya katakan 'Dengan Atau Tanpa Blog?' *Lho ya terserah kamu Ros, orang kamu yang kasih judul* Karena cara-cara berikut bisa diterapkan siapa saja, baik yang memiliki ataupun tidak memilik blog/website . Berikut ini Eros berikan jenis dan contoh cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencari uang dari internet baik dengan atau pun tidak membangun blog :

1. Jual Beli Produk. Tidak bisa dipungkiri *yang mungkir sini tak jewer* kalau yang namanya jual beli pastilah akan mendapatkan uang. Jual beli produk tidak hanya dilakukan di dunia nyata bukan? di dunia maya internet pun bukan hal baru.

Bagi yang memiliki blog/website, bisa langsung melakukan promosi jual beli produknya. Tapi yang belum memiliki blog bisa melakukan promosi dalam forum, milis atau via e-mail. Contoh jual beli produk dalam poin pertama yang masih sangat menjanjikan adalah :
  • Jual beli produk toko online. Misal jual beli handphone secara online, gadget, dan sebagainya. Uang/laba yang dihasilkan tentu paling menjanjikan. Modal yang disediain lumayan besar. Minimal harus disediakan layanan pelanggan/customer service.
  • Jualan e-book, CD/DVD, sepertinya masih menjadi pasar empuk untuk mendapatkan uang dari internet. Meskipun sebenarnya kita bisa mendapatkan materi e-book dengan gratis dengan mencari di search engine. Contoh e-book yang masih laris di pasaran: e-book tutorial, motivasi kesuksesan, tips trik mengeruk uang.
  • Jualan hosting dan domain.
2. Layanan jasa. Persis lah sama dunia nyata, dimana kesempatan mencari uang bisa dengan jualan barang dan atau jasa. Begitu pula di dunia maya internet ini. Contoh layanan jasa dalam poin kedua ini yang menurut saya masih sangat menjanjikan adalah :
  • Web/theme desain. Kesempatan emas ni buat jago-jago desain maupun yang doyan ngutak-atik kode template web/blog. Buat theme yang unik dan super kreatif yang tidak bisa didapat secara gratis. Theme-theme premium harganya bisa ratusan bahkan jutaan rupiah.
  • Content/copy writer atau penulis konten adalah kesempatan lain dalam mencari uang dari internet. jangan remehkan profesi ini. Penulis konten akan dibayar mahal bahkan sampai puluhan juta, tergantung kualitas dan kuantitas tulisan. Kesempatan bukan hanya jadi penulis konten web, bisa juga penulis surat penawaran, surat kerjasama ataupun surat-surat lainnya.
  • Konsultan. Jadi konsultan online juga jadi ide gemilang untuk meraih uang. Bisa konsultan web, konsultan kesehatan, konsultan bisnis, dan sebagainya.
3. Menjadi Affiliansi (perantara) atau dalam bahasa kasarnya menjadi makelar. Merupakan profesi *hallah profesi* yang patut dicoba. Dimana kita akan dapat uang (bayaran) bila ada orang yang membeli barang/jasa atas rekomendasi kita. Bisa dengan affiliansi manual yaitu memberitahukan penjual bahwa calon pembeli adalah atas rekomendasi kita.

Ataupun dengan affiliansi otomatis yaitu memberikan link affiliansi yang disediakan oleh penjual kepada calon pembeli. Kita akan mendapat bayaran jika pembeli melakukan pembelian melalui link yang kita berikan. Contoh 'profesi' affiliansi dalam poin ketiga yang masih sangat menjanjikan adalah :
  • Amazon.Com adalah toko online terbesar untuk saat ini, yang menjual buku, film, permainan, DVD, CD musik, perangkat lunak komputer, gadget dan sebagainya. Kalau kita mendaftar (gratis) di Amazon.Com kita akan mendapatkan link affiliansi/ referal. Kemudian kita mempromosikan barang-barang tersebut, maka akan mendapatkan 'gaji' jika ada yang membeli melalui link kita tadi.
  • Ebay.Com. Sistem kerja dan cara pembayaran 'gaji' sama dengan amazon.com
Contoh-contoh diatas maupun dalam tulisan sebelumnya merupakan sebagian kecil saja berdasarkan yang saya tahu. Tentu masih banyak cara untuk mendapatkan uang dari internet. Termasuk cara curang dengan menipu, membobol kartu kredit/paypal dan sebagainya yang tidak saya sebutkan.

Internet itu luas sobat. Banyak jalan menuju Roma, silahkan pilih cara yang diminati dan paling menarik menurut sobat-sobat sekalian. Atau punya ide cemerlang untuk mengeruk uang yang bakal menggemparkan dunia maya ? Silahkan berbagi, karena berbagi tak pernah rugi *ISBN mode on*.
Kepada sobat seorang mantan copet yang kemarin menanyakan apa itu Paypal bisa dilirik dalam tulisan Cara Verifikasi Paypal yang lalu. Pendaftaran bisa langsung meluncur ke Paypal.com Gratis kok !!
Terimakasih kepada mas Rio si Semut merah buah atas koreksinya, link Cara Verifikasi Paypal sudah saya perbaiki.

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Comments :

35 Komentar to “Belajar Mencari Uang di Internet (3-Habis) dengan Atau Tanpa Blog”

cuma nyampek episode 3 aja yahh sob??
hehehehe :D
Keep sharing yahhh

GONDES said...
on 

Weh, ternyata ini episode terakhir yach. Kirain masih bersambung ke seri-4. Kalo saya sih fokus di PPC dan affiliasi dulu deh kayaknya. Dulu sempet rakus negborong hampir semua jenis bisnis online. Tapi hasilnya malah nihil :)

iskandaria said...
on 

Ae kang. Pa kbr nich?
Bisnis online ya? Pengen juga sich, tp kayaknya belum siap terjun ke bisnis online. Soalnya gagal dpt debit card payooner kemarin. Hiks hiks hiks.

rampadan said...
on 

@gondes : hehehe iya. meski cuman 3 episode semoga bermanfaat. keep commenting yahhh
@iskandaria : saya juga kepingin mencicipi PPC tapi belom di approve sama om gugle. kalao PPC lokal uda jalan, cuman se-uprit xixixi
@milham : sama-sama
@keboaja : numpang jawab komen trus nabokin kebo *buk buk buk
@rampadan : napa belum siap mas. dicoba, dicicipi, kalao uda berasa pasti ketagihan kek saya hahahaha

aR_eRos said...
on 

Diriku baru mencoba jadi content writer, tapi baru dapat 1 tulisan, hiks

mobile blogging said...
on 

Sepertinya yang ini saya belum mudeng Mas.

Mas artikel yg tentang Paypal mana? Judulnya apa? Mas Eros punya apa ndak?

Kang Sugeng said...
on 

Muantab infonya Bang Eros...
Tp sayangnya aku blm prnh dpt job kayak gini. Bisa dpt uang dari blog.

riosisemut said...
on 

Bang, link yg Cara Verifikasi Paypal itu 'page not found'
Kasian tuh Mas Mantan Copet.

riosisemut said...
on 

@mobile blogging : wah awal yang bagus tuh mas. ayo ayo lanjutkan.
@mantan copet : artikel tentang paypal, silahkan dikilk di kalimat quote backgroun biru yang paling bawah itu.link sudah saya perbaiki.
@riosisemut : hennah, bang Rio sudah daftar ke broker2 penghasil uang dari blog belom?
@riosisemut : trims koreksinya, link sudah saya perbaiki. silahkan di klik hehehe

aR_eRos said...
on 

wes njajal web design ros, hehhe mayan lah... kalo yg contentwriter, pernah di tawari, tapi boso inggris waduuuh ndak berani wes

Cebong Ipiet said...
on 

Mas Eros... trimakasih buanyak ya.
Saya akan membaca baca dulu biar paham benar. Dan ndak bingung lagi.

Kang Sugeng said...
on 

wahh... mantab nih ilmunya...

banyak cara emang utk cari duit di internet..

anggi said...
on 

@paypalku : silahkan mas, semoga bermanfaat
@cebong : huaddoh ngiri sama dirimu bong jadi web dessainer. hasile guede yo 10-100x lipat tinimbang reff-view. mayan buat modal nikah xixixi
@mantan copet : iya mas sama2 semoga bermanfaat. pelajari pelan-pelan, pelan tapi pasti hehehe
@danta : sama *tos* saya masih aktif reffview :D
@antaresa : heEh mas mesti belajar mulai sekarang. kalao uda lulus, kuliah, jadi bos internet marketer hehehe
@thom : heEh sekalian uda bisa beli hape-ne, target selanjutnya si lapi bermuka 14" ituh xixixi
@anggi : asala jangan belajar cari duit di internet dengan nge-hack kartu kredit orang lo ya xexexe

aR_eRos said...
on 

selalu kalo mampir dapet info tentang blog dan serba serbinya

ketauna pinternya yang punya blog
ehhehehe
baca aja secara blom bisa nyari duit di blog
lah wong tulisan aja masih garing kok hehheh

dwina said...
on 

kalo yang lain pada sibuk nyari duit di internet, saya malah sibuk nyari literatur di internet buat diskusi besok :)

pakdejack said...
on 

Habis ya tutorialnya? Episode terakhir ini yang berat di jalanin nih

Guru Nakal said...
on 

@dwina : hadduh saya cuma coba-coba kok, baru belajar cari dolar mba. syukur syukur buat modal nikah xixixi
@arai : wadduh kapan ya?
@pakdejack : kalao saya sudah kuliah juga bakalan buat cari literatur juga kali ya. kalau sekarang cari literatur ya engga kepakai, mubadzir hehehe
@guru nakal: kalau kita mau belajar pasti bisa kok

aR_eRos said...
on 

Jadi konsultan? wah kalau sampean sudah jadi konsultan saya mau jadi yang dikonsultani dengan potongan harga 75%. Kan teman?

Xiao Mei said...
on 

ikutan belajar cari duit di internet juga boleh kah ya?

Artha said...
on 

Wah,

Artikel anda bagus sekali tentang mencar uang diinternet, dan sesuai dengan yang saya butuhkan saat ini. Saya sangat terkesan dan setuju dgn postingan diatas!
Saya akan kembali lagi lain kali untuk membaca postingan anda yang lain.
Terima kasih dan tetap besemangat !!

Ahmad Fikri,SHI

cara cari uang said...
on 

Post a Comment