...

May 19, 2009

Belajar Mencari Uang di Internet (2) dengan Blog

Kalau kemarin lusa saya berbagi cara belajar mencari uang di internet tanpa membangun blog/ website, sekarang sebaliknya. Dimana dalam mencari uang di internet kali ini HARUS dan WAJIB punya blog/website. Kalau belum mempunyai blog, silahkan membuat dulu, gratis kok.

Saya sarankan untuk membuat blog dengan Blogger/Blogspot. Karena keunggulan blogspot yang tidak bisa dianggap remeh. Jangan pakai wordpress.com, bila memaksakan diri jangan harap akun wordpress akan selamat. Karena kalau ketahuan ikutan program-program tersebut dibawah ini bisa di banned mentah-mentah, akun dihapus dan blog hilang selamanya, nah lho?

Kembali lagi ke topik, kenapa saya katakan HARUS punya blog? Karena tanpa blog, mustahil cara-cara ini bisa dilakukan. Berikut ini Eros berikan jenis dan contoh cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencari uang dari ngeBlog. Tentunya GRATIS, kecuali biaya akses internet hehehe :

1. Paid Review adalah salah satu program/cara untuk mendapatkan uang dari blog/website, dimana kita (blogger/publisher) akan dibayar (paid) oleh pemasang iklan (advertiser) sejumlah uang, jika kita melakukan review terhadap produk/ websitenya. Langkah untuk mengikuti program ini adalah membangun blog yang berkualitas kemudian mendaftarkan blog kita kepada perusahaan-perusahaan (broker) penyedia jasa review.

Contoh perusahaan penyedia jasa review lokal (Indonesia):
Contoh perusahaan penyedia jasa review asing (Internasional):
  • Buy Blog Reviews (BBR) adalah broker favorit pertama yang menggaji saya. Dan paling banyak job, pernah dapat job 7-8 sekaligus @ $5-$22 . Kelebihannya, kita bisa menawar harga kepada semua pengiklan. Gaji dibayar tiap tanggal 1-2 dan 16-17 tiap bulan (2 minggu sekali).
  • Review Me (RM) adalah broker favorit kedua setelah BBR. Lumayan rame job di RM. Tapi disini kita hanya disuguhi job yang sesuai kategori blog kita. Sehingga bila ada 1-3 job, ya itu yang kita kerjakan, tidak bisa nawar yang lain apalagi nawar harga. Gajian tiap awal bulan.
  • Link Worth (LW) adalahmasuk diurutan ke 3, soale baru dapat 1 job. Gajian tiap wal bulan.
  • Paying Post (PP) adalah favorit keempat soale sampai sekarang baru dapat 1 job, yang satu belum saya kerjakan hehehe. Gaji diberikan tiap awal bulan bila saldo mencapai $50. Kalau saldo belum mencapai $50 akan ditambahkan ke saldo bulan depannya.
  • BlogsVertise (BV) adalah broker favorit sobat-sobat saya. Banyak yang sukses di BV, tapi sampai tulisan ini saya ketik, belum satupun saya dapat job dari BV, hiks.
  • Sponsored Reviews (SR). Sama seperti BV, banyak yang memfavoritkan dia. Tapi yang ini lebih kejam, blog saya ini di decline hiks.
klik untuk memperjelas gambar, maaf gajian se-uprit sebagai motivasi saja
Bukti pembayaran review selama April kemarin 'hanya' dari satu blog ingateros.com saja

2. Paid per Click (PPC) adalah salah satu program/cara untuk mendapatkan uang dari blog/website, dimana kita (blogger/publisher) akan dibayar (paid) oleh pemasang iklan (advertiser) sejumlah uang, jika ada pengunjung yang melakukan klik iklan di blog/website kita. Jadi kita dilarang untuk melakukan klik sendiri terhadap iklan tersebut, kalau diklik sendiri bisa di banned, nah lho?

Cara kerjanya sederhana, kita tinggal mendaftarkan blog. Bila blog disetujui, kita tinggal memasang kode yang tersedia untuk dipasang di blog kita. Nanti kode tersebut akan menjadi iklan (teks/ banner, sesuai pilihan) yang akan berjalan otomatis dengan sendirinya. Bila ada pengunjung yang klik iklan tersebut, kita dapat bayaran.

Contoh perusahaan PPC lokal (Indonesia):
  • Kumpul Blogger. Kita akan dibayar rata-rata Rp 300 jika ada yang klik iklan di blog. Pembayaran via bank Mandiri, BCA, BNI, Niaga dan PayPal
  • AdsenseCamp. Kita akan dibayar rata-rata Rp 300 jika ada yang klik iklan di blog. Pembayaran via bank Mandiri, BCA, BNI, dan PayPal
Contoh perusahaan PPC asing (Internasional):
  • Google Adsense. PPC ini paling digemari blogger/webmaster seantero jagat raya maya ini. Karena nilai klik yang tinggi dan sangat menjanjikan, per klik bisa $0.1 - $ 3. Pembayaran via check dan westernunion.
  • BidVertiser. PPC ini merupakan alternatif kalau-kalau tidak diterima pas daftar di Google adsense. Lumayan sih per klik $0.1 - $7. Pembayaran pun mudah via PayPal.
3. Jualan Text Link
Cara kerjanya pun sederhana. Kita hanya memasang/ menginstal kode di blog, bila ada yang memasang iklan via broker maka kita akan mendapat bayaran per bulannya. Bayaran akan tetap mengalir tiap bulannya bila pengiklan/advertiser tetap memasang iklan teks di blog kita.

Contoh dari broker jual teks link :
  • Ask2Link. Bayaran tergantung dari nilai Google Page Rank (PR) Blog kita. Dengan perincian sebagai berikut :
    • blog PR 0 = $1/bulan blog PR 4 = $10/bulan
    • blog PR 1 = $2/bulan blog PR 5 = $15/bulan
    • blog PR 2 = $4/bulan blog PR 6 = $30/bulan
    • blog PR 3 = $5/bulan blog PR 7 = $60/bulan
4. Point Tambahan
Lagi-lagi saya sediakan point tambahan, tentu buat para pemula dan master-master *memangnya master sedia ke blog mu Ros?* yang mengetahui cara-cara mencari uang di internet dengan blog. Atau mungkin juga ada yang termasuk kategori ini tapi saya lupa memasukkannya.

Saya yakin kalau tulisan singkat saya ini jauh dari harapan, jauh dari sempurna *berasa penutupan skripsi ni* Saya hanya menulis berdasarkan pengalaman. Dan menulis berdasarkan apa yang saya tahu. Penghasilan saya dari blog tentulah akan jadi bahan tertawaan mereka-mereka yang sukses mendulang dolar. Tapi setidaknya, bisa menjadi motivasi bagi sobat-sobat yang belum meng-uangkan blognya (monetize blog).

Artikel Terkait:

Bookmark and Share

Comments :

47 Komentar to “Belajar Mencari Uang di Internet (2) dengan Blog”

@arifudin : selamat pertamax, dapar dolar. silahkan ambil di warung terdekat xixixi
@arifudin (lagi) : langsung daftar ae mas, dipelajari pelan2 entar pasti bisa kok. mari berburu dolaaarr

aR_eRos said...
on 

wah belum pernah dapet job nih mas dari yang begituan (*belum daftar sih.. he.. he.. he.. masih ngejar PR tapi belon dapet)

T.Yonaskummen said...
on 

luar biasa mas eros, sharingnya sangat bermanfaat.. seperti yang saya katakan sejak dulu mas, ndak ada master di bidang ini. yang ada hanya siapa yang memulai duluan dan tekun dia yang akan berhasil..

dalam hal ini masternya adalah mas eros sendiri!

detEksi said...
on 

iki to tibake sing marakke gaji mu luwih gede timbang gaji op.. hehehe..

blogsvertise.. I love yu...

review me meski entuk, tapi tibake bloge kudu inggris..
buyblogsreviews, sponsoredReviews, bloge kudu bahasa inggris...

ndop said...
on 

waduh saya kepengen sih, tapi takutnya ntar kelantar kalo gak keurus,hehehe

JO said...
on 

@annosmile : ayoo mas dimulai sekarang juga hehe. saya siap berbagi selama yang saya tau
@suwung : haddoh tetep ae gaptek dirawat xixixi *piss*. la gajimu sudah besar ya engga butuh lagi buat nyari uang tambahan wung
@tukang komen : heEh mas, susah juga kalao daftarain blog yang belom ber-PR, sering di reject. semangat !! terus berusaha ya buat naikin PR dan nge-langsingin alexa. pasti bisa mas !!
@deteksi : terimakasih mas motivasinya. saya masih ingat betul kalimat2 motvasi dari pyan. termasuk saat menyemangati kontes kampanye. meski saya harus puas di 100 besar saja, ikS
@trik sulap : bisa cari dolar pakai sulap enggaaa? mau donk xixixi

aR_eRos said...
on 

@ndop : salah ndop, salah besar jika mengatakan BBR, dan RM meski blog bahasa inggris. lah blog ku nie kan bahasa endonesa ndop. buktinya lancar jaya *kek nama bis ae lancar jaya*. kalao SR mungkin memang harus blog bhs inggris soale punya ku di reject gara2 non english. mereka menyarankan merubah ke bahasa inggeris dulu, minimal title dan deskripsi
@jengsri : hennah kelantar gimana buk. yang dipakai buat cari dolar ya blog utama ae. blogging kan tetep jalan, so engga kelantar
@rangga : mampir thok? gapapa de makasih uda mampir. silahkan di ublek2, kali aja nemu harta karun xixixi.
@bujang : makasih komennya.. mantep nih *niru2*
@gondes : mantep komennya sobat,makasih banyak yahh *ikut2an*

aR_eRos said...
on 

Kebetulan bngt ni Bang Eros, tmen aku ada yg lg butuh bngt info kek gini. Biar aku rujuk kesini aja ya dia.

riosisemut said...
on 

Mantaf juga nih eros, pengen sih, tp masih harus belajar dulu and yg pasti harus ngeramein blog dulu.. hihihi..

Unknown said...
on 

0,45 dollar hanya dalam 1 jam

Sekedar Informasi, KALAU MAU...!!!
(saya juga nyobanya iseng2 ga jelas, eh ternyata beneran hasilnya ada)

Mau, dapetin fee dari internet sekalian browsing...& Mau dapetin recehan dalam bentuk $ dari internet,via check yang langsung dikirim ke alamat rumah?
atau via Paypal atau E-Gold Account yang sudah kita miliki...?
to yang sudah punya banyak referrals2 di situs2 lain, ga ada salahnya signUp juga di web http://www.surfjunky.com/?r=surfjunkyjointo



Dan Untuk mendapatkan 0,45 dollar hanya dalam 1 jam
(Khusus member dari indonesia, pembayaran dikirim via pos dengan check).

Buka aja web :
http://www.surfjunky.com/?r=surfjunkyjointo



1. Lakukan sign up
2. Setelah proses signup selesai system akan secara otomatis log in
3. Setelah itu Klik “options” dan pada bagian “My payment information” cukup pilih “check” (untuk pembayaran langsung via pos ke alamat yang ada di profile) selanjutnya kosongkan saja pada bagian “Account” dan klik “update my payment information”
4. Setelah itu Klik bagian “earn money” dan pada bagian “Verify your acknowledgement to continue” beri tanda “centang” pada box yang kosong.
5. Klik pada bagian “click here to earn money surf junky broswer” lalu biarkan program ini berjalan untuk menghasilkan uang secara otomatis selama kita menggunakan internet.
6. Untuk mengetahui jumlah uang,tinggal klik statistik, maka akan terlihat jumlah uang yang telah terkumpul.


NB: Web surf junky ini tidak mendukung browser “MOZILLA FIREFOX” untuk sign up, dikarenakan banyaknya kecurangan2 member yang dapat dilakukan dengan menggunakan browser mozilla, gunakanlah browser Internet Explorer, Netscape, Opera, Google Chrome atau Safari untuk dapat menjalankan progaram ini.

Anonymous said...
on 

Wha...
sekarang tambah bagus2 blognya ya..
aku jarang banget OL mas..
piye iki kabare..??
kangen aku kari sampeyan..
pengen juga cari duit..
tapi gimana lha blogku gratisan..
ora iso...

Napi Abdul Hakim said...
on 

satu lagi catatan wp:

cuma buat untuk blogger professional alias master php

wong bodoh seperti saya mana ngerti php :p

R10 said...
on 

@riosisemut : silahkan mas Rios, semoga sedikit tulisan ini bermanfaat untukbanyak orang
@kharianto : mantaf boww komennya,,, thanks
@warnet : heEh blognya mesti di rame'in dulu sembari ngramein warnet hehehe
@anonymous : makasih mas Anony atas infony hehe. tapi saya tidak lagi tertarik ikutan PTC. hanya buang2 waktu dan bandwith. kalao uda waktunya PO susah. mending ikutan review, gajine gede pas gajian langsung masuk paypal
@napi : alhamdulillah saya sehat mas. mangga, silahkan kalao ikutan cari duit di internet. jangan pakai wp, bisa di banned. isi postingan dan komen di export ke blogspot ae. cari uang pakai blogspot.
@rio : ahh engga juga kok. selama kita mau belajar pasti ada jalan. pas bikin blog dengan blogspot saya juga engga kenal HTML, buktinya bisa. saya juga engga kenal PHP, uda coba-coba dengan blog baru (cihuii.com) jadi tergantung kita mas, belajar apa engga

aR_eRos said...
on 

BV..?? BElom dapet JOB sama sekali,\
Patingpost? baru 2...belom mencapai minimum pay out,Selalu keduluan ambil job ma blogger laen...
RM...??Blog ku belom approve..hiks...

Tapi tetep semangat...karena bagiku blog adalah persahabatan, pendapatan adalah sampingan.....

IjoPunkJUtee said...
on 

waduhh masi sibuk skul
ntar aja kalo uda kerjaaa

Anonymous said...
on 

Wah dah banyak Mas Eros ikut PTRnya saya baru 4 doangan :)
Kapan ya PRku 5 biar dapet 60$ per bulan dari jual link. Ngengen :)

Seno said...
on 

wah....kalo punya PR besar enak pake bisnis online, apalagi kaya site bang eros. Mantapp!!! kalo casualcutie masih site kecil, PR jg ga tau PR brp, kayanya masih PR 0 dah.

casual cutie said...
on 

mantabbbbbbbb... lo ada penjelasan gini kan kita bisa sedikit mengerti tanks mas..

manusiahero said...
on 

wahh makasih banyak informasinya mas eros :)

Btw salam kenal dan kami mengundang anda untuk bergabung di kafeblogger.com - tempat ngumpul para blogger

Kafe Blogger said...
on 

selamat malam....salamkenal aja nih kang....
wah....ternyata bisa juga yah internet menghasilkan duit....wah aku mau coba dulu nih, thanks for informasinya yah kang...mampir ke aku yah

shiela said...
on 

waduuuh saya sebenernya pengin bisa kek gini tapi kapan ya....

buwel said...
on 

Wah, semua link affiliasi ternyata dijadiin satu dalam satu postingan :) Keren deh jadinya..

iskandaria said...
on 

@zalukhu: wkaka akhirnya mas Zal mampir juga
@beat2ws : hennah kalao uda di save di buat apaan ma, dijual xexexe?
@ijo : ternyata payingpost tu rebutan ya? wah makasih ya infone *siap2 rebutan*.
@hellga : belajar mulai sekarang ae mas. entar kalao uda lulus tinggal leha2 *hallah leha2*
@seno : laaa sayah malah pinging langsung PR 10 *ngayal kebangetan*
@casualcutie : blog ku masih PR 3, sepi job iks. waaa kereeen PR cutie uda 2. hayuk hayuk di monetise buat cari dolar hehehe *maksa*
@manusia : heEh meski sedikit semoga bermanfaat
@denologis : yup semoga bermanfaat. eh bagi tip BV po'o?
@kafe blogger : sama-sama. eh blogger punya kafe juga ya *meluncurrrr
@sheila : salam kenal balik *salaman *meluncuuurrr
@buwel : lo ya mesti di mulai sekarang mas
@belajar SEO : sama-sama. btw ikutan kontes 'belajar SEO' met berjuang ya
@napi : *meluncuuuurrr
@subagya : hehehe iya mas biar sedikit semoga bermanfaat
@iskandaria : stttt jangan keras2 entar ketahuan xixixi

aR_eRos said...
on 

lwngkap nih, wah udah jadi jagoan bisnis online, selamat mas eros..........

Xiao Mei said...
on 

sekarang ini blog saya cuman saya gunakan untuk mencurahkan pikiran saya saja, tapi entah lain kali klo berubah pikiran

Ciput Mardianto said...
on 

Alhamdulillah.. akhirnya ketemu juga.
Kmrn saya dpt imel dari Mas Rio, katanya kalo nyari orang yg bs ngajari cara mencari uang dari blog, ke Mas Eros saja.
Tp Mas Rio lupa ndak ngasi tau alamat blognya.
Saya bingung, saya cari di gogel ndak ketemu.

Tp syukur Alhamdulillah ternyata orang yg saya cari muncul di blogku.
Trimakasih buanyak Mas Eros, saat ini saya ndak akan nanya2 dulu, baru kenal koq sudah merepotkan, sawangannya.

Tapi nanti saya mau minta diajari ya Mas. Saya sngt pingin dpt uang dari blog.
Paypal kuwi opo to Mas? Cara mengikuti paypal bagaimana?
Tolong bantu saya ya Mas.

Kang Sugeng said...
on 

aku punya blog tapi pr o,, jadi apa nih yang bisa aku lakukan biar blogku dapat uang lumayan??
bantu ya!! bals ke emailku,, shtraime@gmail.com
makasih cuy

jeparablogger said...
on 

ros semoga el di berkati sama yang Maha Kuasa....tulisan el dengan penuh ketulusan dan kejujuran.....el iklas bagi2 ilmu.........gud luck to u

Ricky said...
on 

Post a Comment